Selamat Datang Di Blog PMR SMPN 1 Karanggayam

PERGAULAN REMAJA SEHAT

Pergaulan  sehat  remaja  itu ada  beberapa cara.

Diantaranya adalah :

1.    Adanya kesadaran beragama bagi remaja.
     Bagi anak remaja sangat diperlukan adanya pemahaman, pendalaman, serta ketaatanterhadap ajaran-ajaran agama. Dalam kenyataan sehari-hari menunjukkan, bahwa anak-anak remaja yang melakukan kejahatan sebagian besar kurang memahami norma-normaagama. Oleh karena itu, kita harus memiliki kesadaran beragama agar tidak terjerumusdalam pergaulan yang tidak sehat.

2.   Memiliki rasa setia kawan
    Agar dapat terjalin hubungan sosial remaja yang baik, peranan rasa setia kawan sangat dibutuhkan. Sebab kesadaran inilah yang dapat membuat kehidupan remaja masyarakatmenjadi tentram.

Ilustrasi gbr. PMR tengah mendapat materi Kesja/Kesehatan Remaja

Ilustrasi gbr. PMR tengah mendapat materi Kesja/Kesehatan Remaja

3.   Memilih teman
Maksud dari memilih teman adalah untuk mengantisipasi agar kita tidak terpengaruhdengan sifat yang tidak baik/sehat. Walaupun begitu, tapi teman yang pegaulannya buruk tidak harus kita asingkan. Melainkan kita tetap berteman dengannya tapi harus menjagajarak. Jangan terlalu dekat dengan dia.

4.   Mengisi waktu dengan kegiatan yang positif 
Bagi mereka yang mengisi waktu senggangnya dengan bacaan yang buruk (misalnyanovel/komik seks), maka hal itu akan berbahaya, dan dapat menghalang mereka untuk berbuat baik. Maka dari itu, jika ada waktu senggang kita harus mengisinya dengan hal-hal yang positif. Misalnya menulis cerpen, menggambar, atau lainnya.

5.   Laki-laki dan perempuan memiliki batasan-batasan tertentu
 Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya remaja harus menjaga jarak dengan lawan jenisnya. Misalnya, jangan duduk terlalu berdekatan karena dapatmenimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

6.   Menstabilkan emosi
Jika memiliki masalah, kita tidak boleh emosi. Harus sabar dengan cara menenangkandiri. Harus menyelesaikan masalah dengan komunikasi, bukan amarah/emosi.

Sikap-sikap yang disukai dalam pergaulan remaja

1.Penampilan fisik memang tak selalu menjadi jaminan bahwa seseorang akan disukai,tetapi umumnya orang yang bersih dan rapi banyak disukai. Bagaimanapun, kemasanpenampilan fisik merupakan nilai estetis yang bisa mendukung kesan pertama seseorang di mata orang lain. Memang banyak sih orang yang kelihatannya cuek dengan tampilan fisiknya, ternyata menyenangkan diajak ngobrol dan perhatian.Orang-orang yang seperti ini biasanya dianggap memiliki keunikan tertentu, sehingga asyik diajak bergaul.Kita tidak perlu berlebihan atau memaksakan diri untuk mendapat kesan yang baik.Kesederhanaan, kebersihan dan kerapian penampilan pasti disukai meskipun tidak se-keren selebritis. Tampil bersih dapat mencerminkan kebersihan diri dan pribadiseseorang.

2. Berbicara dan bersikap sopan saat menyapa orang lain, termasuk guru, teman atausahabat. Tak salah kalau orang-orang bijak mengatakan bahwa kata-kata itu ibaratpedang. Kata-kata atau bicara kita salah, bisa menyakiti hati orang lain. Karena itulahkita harus berusaha menjaga bicara kita.Kesopanan bisa menimbulkan kesan pertama yang baik saat kita berkenalan denganteman baru atau dengan lingkungan yang baru. Demikian pula dalam pergaulan sehari-hari kita di sekolah, di lingkungan kerja atau di rumah. Bersikap sopan erathubungannya dengan sensitivitas emosi dan mood seseorang. Artinya, selama kitabersikap sopan kemungkinan kita menyinggung perasaan seseorang sangat kecil.Ternyata basa-basi seperti say hello penting juga, asal kita tahu kapanmenempatkannya.

3. Menunjukkan sikap yang ramah dan pribadi yang disiplin.Senyuman yang tulus merupakan simbol keramahan hati seseorang. Senyum bisamembuat orang lain tergugah dan nyaman karena senyum bisa menawarkanpertemanan yang hangat. Benar sekali kalau senyum itu sedekah karena bisa membuatorang lain bahagia.Jangan lupakan kedisiplinan kita sebagai seorang pribadi.Disiplin tidak selalu identik dengan keras dan kekrasan. Misalnya, ketika meminjam alat tulis atau barang milik teman biasakan minta izin terlebih dulu dan jangan lupa mengembalikannya.Perlakukan barang milik orang lain selayaknya barang kita sendiri. Artinya, biasakanmenjaga barang milik orang lain, jangan sampai rusak. Dengan demikian, teman akanmempercayai kita. Ingat, nilai kepercayaan dari orang terdekat kita sangat berarti,meskipun hanya dari sebentuk hal kecil.

4. Biasakan untuk memberi dan berbagi. Hal ini bisa dimulai dari hal yang sepele. Saatkita punya makanan kecil, paling tidak tawari teman kita. Kalau toh makanannyasedikit, usahakan jangan makan di depan teman-teman kita. Sikap seperti inimenunjukkan bahwa kita peduli dengan sekeliling kita dan menjaga perasaan oranglain.

5. Hindari pembicaraan yang kurang bermanfaat seperti bergosip atau menyebarkandesas-desus. Meskipun kelihatannya asyik tetapi sikap seperti ini mencerminkanbahwa kita gemar mengungkap aib orang lain dan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya. Hal ini juga bisa menjadi boomerang buat kita nantinya karena kita bisa dicap bigoss (biang gossip). Agama juga melarang bergunjing karena bisamenimbulkan fitnah dan menyakiti orang lain.

6.Jangan mengganggu teman saat ia sedang serius belajar, bekerja atau menyimak sesuatu. Biarkan ia nyaman dengan kegiatannya. Kalu toh ada hal penting yang harusdibicarakan, tunggulah beberapa saat sampai kegiatannya selesai. Dengan sikap sepertiini, teman kita akan merasa dimengerti dan dihargai.

7. Jangan menguping pembicaraan teman. Meskipun kita merasa akrab dengan temankita, kita tetap harus tahu dan menghargai batasan hal-hal yang bersifat pribadi. Ketikateman menerima telepon, usahakan jangan menyimak obrolannya supaya kita tidak dicap selalu pingin tahu urusan orang lain.

8. Bersikap care saat teman sedang curhat. Simak ceritanya baik-baik dan pahamipermasalahannya. Jangan cepat menyela pembicaraan teman atau nge-judge setiappermasalahan teman karena ini akan mengurangi kepercayaan teman terhadap kita danmembuatnya sakit hati. Meskipun kita tidak bisa memberikan solusi yang tepat,setidaknya kita menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, dia akan merasabebannya berkurang dan dihargai sebagai teman.

9. Biasakan rendah hati dan jangan terlalu membanggakan diri sendiri atau keluarga disetiap obrolan dengan teman. Memang wajar kalau kita merasa bangga dengan dirikita, tetapi kalau terlalu sering melakukannya kita akan dicap sombong dan tinggi hati.Akuilah dan hargailah kelebihan orang lain karena dengan begitu kita akan terbiasaberjiwa besar dan berlapang dada.

10. Usahakan untuk tidak menampakkan ekspresi bete, suntuk dan tidak bersemangat di hadapan teman. Mimik seperti ini sangat tidak menyenangkan. Wajahceria, dihiasi senyuman dan bersemangat sangat disukai orang. Kalau toh kita punya masalah, ajak sahabat atau orang terdekat untuk berbagi. Jangan sampai uring-uringanke semua orang untuk melampiaskan kekesalan kita.


11. Jadilah diri sendiri dan tidak berpura-pura. Artinya, kita juga perlumenunjukkan siapa diri kita. Bersikap tegas dan tidak mengorbankan diri untuk sekedar diakui lingkungan pergaulan merupakan benteng bagi kita juga dalam menyikapi pengaruh lingkungan pergaulan kita.Sikap-sikap tersebut memang terlihat sepele, tetapi dapat menghiasi kecantikan akhlak seseorang. Bila semua itu kita lakukan dengan tulus, kita bisa disukai dalam pergaulan. #Admin1.
Share this post :

Posting Komentar

SILAHKAN ISI KOMENTAR ANDA BEBAS TAPI SOPAN DEMI KEMAJUAN PMR SPENSAGA. Siamo Tutti Fratelli ..

PAPAN PENGUMUMAN

PROGRAM KERJA PMR SPENSAGA semester 1 :

(1). Jadwal latihan PMR setiap hari Kamis, dimulai pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.30 WIB..

(2). Jumlah anggota PMR yang teregistrasi angkatan tahun 2015/2016 sebanyak 115 peserta.

(3). Bulan Desember 2015 Dilaksanakan Kegiatan Out Bound. (#PEMBINA PMR).

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. PMR SPENSAGA - All Rights Reserved
Template by Agusti Putra Published by PMR SPENSAGA
Proudly powered by Blogger