Selamat Datang Di Blog PMR SMPN 1 Karanggayam

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)



Hari ini Selasa 28 Oktober 2014 siswa siswi SMPN 1 KARANGGAYAM dengan penuh tanggunjawab dan disiplin berbaris rapi menghadap tiang bendera. Mereka bersiap mengikuti upacara bendera pagi ini yang kebetulan bertepatan dengan hari SUMPAH PEMUDA. Beberapa siswa yang kebetulan bertugas hari ini juga sudah siap diposisinya masing masing, pertanda bahwa upacara bendera yang diadakan rutin setiap setiap tanggal 28 Oktober ini akan segera dimulai.

Beberapa siswa yang tidak menggunakan atribut lengkap seperti topi di pisahkan dari barisan dan dihukum berdiri di dekat tiang bendera menghadap barisan yang sudah rapih sambil cengar cengir dengan teman yang ada dihadapannya.
Suasana hening seketika mendengar suara dari pemandu upacara yang sedang memberitahukan bahwa pemimpin upacara sebentar lagi akan memasuki lapangan upacara.  Urut-urutan upacara yang membosankan akan segera dimulai. Gimana tidak bosan ya jika hanya berdiri dan di jemur dibawah panas matahari seperti itu?
Jadi tidak heran kalau misalnya tiba tiba ada salah satu dari peserta upacara berpura pura sakit dan mengharapkan Tim Palang Merah Remaja (PMR) sekolah yang sedari tadi berjaga untuk menolongnya .  Siswa ini tentunya mengharapkan salah satu anggota PMR sekolah itu, bisa membawanya ke ruang UKS untuk memberikan pertolongan dan bisa mengakhiri penderitaannya.
Itu adalah sekelumit cuplikan atau ilustrasi kejadian yang hampir menghiasi setiap pelaksanaan upacara bendera di SMPN 1 KARANGGAYAM. Apakah anda ingat pernah dihukum pada saat upacara karena hal sepele atau malah pernah pingsan beneran saat upacara? Tapi apakah anda mengenal betul apa sih itu UKS. Seringkan kita mendengar UKS? Mungkin sebagian teman teman hanya sedikit yang tahu peran dan fungsi UKS itu sebenarnya dan hanya tahu dengan baik singkatanya saja.
Karena itu alangkah baiknya PMR SPENSAGA menulis tentang UKS ini, apalagi setelah beberapa kali PMR SPENSAGA ikut serta dalam menangani situasi saat para siswa pingsan atau lemas saat ikut upacara bendera setiap hari senin. Mungkin teman teman bertanya apa sih sebenarnya UKS?  Jangan heran kenapa hal itu sering luput dari perhatian, padahal seringkali kita berjalan di depan ruangannya atau bahkan cukup aktif sebagai anggota PMR di sekolah.
Jadi PMR SPENSAGA ingin mengangkat topik bahasan UKS dalam blog kali ini untuk menambah wawasan kita semua.
Ilustrasi gbr. Siswa diruang UKS

Ilustrasi gbr. Peserta Pramuka Blok diruang UKS
UKS singkatan dari Usaha Kesehatan Sekolah. Adalah suatu usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah. UKS merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6 – 21 tahun, yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 sub kelompok, yakni pra remaja (6-9 tahun) dan remaja (10-19 tahun). (Depkes RI. Pedoman, Modul dan Materi Pelatihan ”Dokter Kecil”.Jakarta.2001.Hal. 7-13

UKS memiliki logo segita tiga hijau dengan tulisan UKS didalamnya. Logo UKS ini menggambarkan 3 program pokok UKS (Trias UKS)


1.  Pendidikan Kesehatan.
2.  Pelayanan Kesehatan.
3.  Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat.

UKS ini juga memiliki tujuan mulia sebagai berikut:
1.  Menciptakan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat
2.  Meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan membentuk perilaku masyarakat sekolah yang sehat
3.  Memelihara Kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan Kesehatan masyarakat sekolah.

Begitulah sekilas mengenai Usaha Kesehatan Sekolah.
UKS sebagai langkah awal untuk mendidik anak anak sejak dini untuk sadar akan kebersihan lingkungan dan kesehatan cukup penting. Mengingat sekarang bangsa ditanah air ini sudah menganggap bahwa tempat sampahnya seluas tanah dari sabang sampai merauke termasuk lautan didalamnya.

Marilah kita mulai dari sekarang untuk melakukan hal kecil untuk membersihkan Negara ini yaitu membuang sampah pada tempatnya. #Admin1.
Share this post :

Posting Komentar

SILAHKAN ISI KOMENTAR ANDA BEBAS TAPI SOPAN DEMI KEMAJUAN PMR SPENSAGA. Siamo Tutti Fratelli ..

PAPAN PENGUMUMAN

PROGRAM KERJA PMR SPENSAGA semester 1 :

(1). Jadwal latihan PMR setiap hari Kamis, dimulai pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.30 WIB..

(2). Jumlah anggota PMR yang teregistrasi angkatan tahun 2015/2016 sebanyak 115 peserta.

(3). Bulan Desember 2015 Dilaksanakan Kegiatan Out Bound. (#PEMBINA PMR).

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. PMR SPENSAGA - All Rights Reserved
Template by Agusti Putra Published by PMR SPENSAGA
Proudly powered by Blogger